Optimalisasi

Kadang kita harus menghibur diri menghadapi keadaan yang ada, atau mungkin mencari pembenaran diri akan diri kita, atau mungkin juga kita memang ikhlas atas apa yang kita hadapi?
Namun yang utama kita bisa mendapatkan hal positif atas hidup ini. !!!!!
Entah kenapa tiba-tiba saya pengin sekali untuk mencoba latihan menulis lagi seperti dulu-dulu. Mungkin karena saat ini saya sudah punya banyak waktu untuk itu, atau mungkin juga saya banyak terdorong oleh teman-teman yang rajin menulis. Wallhu'alam...

Banyak rekan-rekan bilang, penempatan karyawan di Pemerintahan (khususnya Pemerintah Daerah kami) saat ini banyak yang tidak tepat, tidak sesuai latar belakang pendidikannya sehingga kinerjanya tigak bagus. Namun saya tidak tahu pasti apakah selama ini yang berlatar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugasnya apakah telah bisa menunjukkan kinerjanya bagus atau tidak.
Termasuk juga beberapa rekan suka menyorot pada bidang tugas saya. Ada yang bilang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikanlah, tidak sesuai dengan bidang pekerjaanlah, .... Tapi bagi saya yang utama adalah saya berusaha memberikan yang terbaik yang saya miliki dalam tugas saya.
Karena melalui pekerjaan ini saya bisa memberikan hidup saya untuk diri saya, anak, istri, orang tua, masyarakat, pemerintah, dan Tuhan.

Saat ini saya ditugaskan di Bidang Informasi dan Pengelolaan Data Kependudukan pada seksi Sarana prasarana dan Pengelolaan Data Kependudukan.
Sarana prasarana yang saya hadapi adalah sarana prasarana yang terkait dengan Sistem Informasi. Saya sangat menyukai pekerjaan ini. Entah sengaja atau tidak, atau memang Tuhan yang mengatur,sambil bekerja saya menekuni studi tentang sarana prasarana di ITS. Memang bukan sarpras sistem informasi, namun ke-PU-an. Namun bukan berarti ilmu ini tidak berguna sama sekali pada bidang tugas saya. Banyak hal yang mendukung dalam pekerjaan saya, bahkan saya berusaha mengembangkan sendiri ilmu ini agar berhubungan dengan bidang tugas saya. Saya mencari ilmu tambahan di luar kampus. Dari studi ini paling tidak saya bisa mengetahui ilmu untuk manajemen aset, ekonomi teknik (paling saya minati), jaringan jalan, irigasi, perumahan, dll.
Tugas pengelolaan data kependudukan yang saya tekuni, sangat berkait dengan sistem informasi. Saat S-1 saya pernah mempelajari ilmu statistik di Yogya. Ada demografi, ada metode statistik dsbg yang sangat membantu tugas-tugas saya.
Memang tidak sepenuhnya semua dari studi saya di bangku formal, dari pengalaman juga sangat memberikan dukungan akan tugas dan fungsi yang saya emban.
Langkah apapun yang telah kita ambil atau akan kita ambil, akan lebih berarti apabila kita bisa mengambil hikmahnya, artinya kita bisa mengembangkan sisi-sisi positifnya. Tidak ada yang mubadzir apa bila kita bisa berfikir positif.

Komentar

Postingan Populer